11 Cara Sukses Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Anda


TUGAS KARYA ILMIAH

LINGKUNGAN BISNIS
"11 Cara Sukses Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Anda"




OLEH :

                                            NAMA : Muhammad Sadiq Mustawin
                              NIM     : 16.11.0318
                              KELOMPOK : H




UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016 / 2017











ABSTRAK

  Sebagai aplikasi berbagi foto dan video yang paling populer, Instagram juga merupakan salah satu sosial media yang memiliki peranan cukup penting bagi sebuah bisnis. Tidak hanya bermanfaat bagi online shopretailerrestaurant, perusahaan travel, dan e-commerce saja, tapi Instagram juga menjadi salah satu alat paling efektif untuk membangun sebuah brand bisnis.
  Anda mungkin bertanya, bagaimana cara sukses menggunakan Instagram untuk bisnis Anda?
  Jawabannya mudah. Untuk mulai bergabung dengan Instagram, Anda hanya perlu membuat akun baru sesuai dengan nama bisnis Anda, menambahkan foto profil berupa logo bisnis, menautkan link Instagram pada website Anda dan kemudian menghubungkannya dengan akun Facebook atau Twitter.
  Semuanya terdengar mudah bukan? Namun ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar Instagram bisnis Anda benar-benar bermanfaat.
ISI

Berikut ini adalah cara sukses menggunkan Instagram untuk bisnis Anda :

1. Pelajari Cara Sukses Menggunakan Instagram Untuk Bisnis

Banyak orang telah memanfaatkan Instagram untuk melakukan kegiatan bisnis. Oleh karena itu, Instagram pun mulai membangun sebuah blog mengenai cara berbisnis melalui instagram. Isinya berupa berbagai macam tips bisnis, info seputar brand, dan berbagai berita lainnya mengenai Instagram bisnis. Dengan membaca blog tersebut, Anda akan mengetahui cara sukses menggunakan Instagram untuk bisnis.
instagram gif
Via Wifflegif

2. Optimalkan Profil Instagram Bisnis

Sama seperti platform social media lainnya, Anda harus memberikan informasi yang spesifik pada profil Instagram bisnis Anda. Lengkapi profil Anda dengan informasi bisnis yang mungkin dibutuhkan oleh konsumen. Anda juga bisa menambahkan call to action berupa link yang mengarah pada halaman bisnis Anda.
perfect instagram profile
Via Marketingthink

3. Upload Gambar Yang Menarik Perhatian Audience

Selain meng-upload gambar yang informatif, kunci sukses lainnya untuk menarik perhatian audience adalah dengan memperhatikan desain gambar. Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi desain visual seperti WordSwag dan InstaQuote untuk menghasilkan desain yang profesional tanpa perlu mempekerjakan seorang graphic designer.
edit image instagram
Via Wifflegif

4. Gunakan Filter Yang Tepat

Sebuah studi yang dilakukan oleh Simply Measured mengenai filter terfavorit yang sering digunakan oleh suatu brand menunjukan bahwa 14% memilih filter Lo-Fi, 12% memilih Valencia, 12% memilih Rise, 11% memilih Amaro, 9% memilih Hudson, 9% memilih Sierra, 8% memilih X-Pro II, dan 7% memilih Hefe.
instagram-brand-adoption
Via Simplymeasured

5. Tambahkan #Hashtag Yang Relevan dan Popular

Layaknya sebuah search enginehashtag bisa menjadi sangat powerful untuk menambah jumlah viewer pada postingan instagram bisnis Anda. Setiap kali Anda meng-upload postingan baru, maka tambahkan caption yang diikuti dengan hastagyang populer dan relevan dengan gambar.
hashtag
Via Tumblr

6. Tunjukan Foto Karyawan Anda

Cara sukses menggunakan instagram untuk bisnis yang berikutnya adalah dengan menunjukan kegiatan yang sedang dilakukan oleh karyawan Anda. Selain bertujuan untuk memperlihatkan behind the scenes bisnis Anda, cara ini juga bisa memberikan keyakinan pada konsumen bahwa bisnis Anda dilakukan dengan proses yang baik.
berrykitchen
Via Instagram

7. Update Secara Berkala

Belum ada data statistik yang menyatakan bahwa meng-update Instagram bisnis secara berkala mampu meningkatkan jumlah follower. Namun berdasarkan pengalaman Daniel Dipiazza yang meng-update Instagram setiap dua jam sekali mampu menambah jumlah follower secara drastis dari 0 – 10,000 follower dalam satu bulan.
update
Via WordPress

8. Perhatikan Kualitas Dari Setiap Postingan

Ingin mengetahui kualitas dari setiap postingan yang Anda unggah pada Instagram bisnis? Anda bisa menggunakan beberapa Instagram analytics tools seperti Iconosquare dan SimplyMeasured yang bisa memberikan informasi secara detail mengenai jumlah like dan comment. Bahkan Anda juga bisa mengetahui postingan seperti apa yang paling diminati.
3RollingMonth
Via Socialthreesixty

9. Follow Balik Follower Anda

Sangat disayangkan, banyak brand yang tidak mem-follow balik follower mereka di Instagram. Bahkan status “0 following” dianggap sebagai profesionalitas suatu brand. Padahal dengan melakukannya maka Anda dapat mengetahui postingan seperti apa yang paling disenangi oleh mereka dan hal ini juga bisa menjadi semacam rewarduntuk mereka karena telah mem-follow akun Instagram bisnis Anda.
follow me back
Via Memegenerator

10. Promosikan Bisnis Anda melalui Instagram dan Facebook

Agar memperoleh jumlah audience yang lebih luas maka integrasikan akun Facebook dengan Instagram. Ketika Anda memposting sebuah video di Instagram, bagikan pula melalui facebook karena facebook memiliki 818 juta pengguna aktif di seluruh dunia, sedangkan instagram hanya 130 juta pengguna. Bisa Anda hitung berapa penambahan jumlah audience-nya kan?
facebook instagram
Via Weareswitchdigital

11. Share For Share (SFS)

Cara sukses menggunakan Instagram untuk bisnis Anda yang terakhir adalah dengan melakukan Share For Share. Cara ini dapat Anda lakukan dengan mempromosikan partner bisnis Anda melalui repost dan tagging. Dengan begitu mereka juga akan melakukan hal yang sama terhadap Instagram bisnis Anda. Hasilnya tentu sajafollower Anda dapat bertambah.
Itulah beberapa cara sukses menggunakan Instagram untuk bisnis Anda. Jika Anda mencari cara yang tepat untuk meningkatkan audience, memperoleh pendapatan yang lebih banyak, dan menambah jumlah konsumen bisnis Anda, maka Instagram bisnis bisa menjadi salah satu solusinya. Namun selain cara diatas, Anda juga bisa memanfaatkan jasa Social Media Marketing yang ditawarkan oleh ratusan freelancerdi Sribulancer.

REFERENSI
http://blog.sribu.com/cara-menggunakan-instagram-untuk-bisnis/
Previous
Next Post »
0 Komentar