RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD 3 Megawon
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : I/I
Pembelajaran ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
B. Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
C. Indikator
3.2.1 Mampu menyebutkan benda yang dapat diubah bentuknya
3.2.2 Mampu mengubah bentuk benda
3.2.3 Mampu menyebutkan alat pemotong
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui media kertas dan malam, siswa mampu menyebutkan benda yang dapat diubah bentuknya
2. Melalui kegiatan eksperimen, siswa mampu mengubah bentuk malam
3. Melalui benda nyata, siswa mampu menyebutkan alat pemotong
Karakter siswa yang diharapkan : Kerjasama, Komunikatif, Percaya diri, Rasa ingin tahu, Religius, Tanggungjawab, Teliti dan Toleransi.
E. Materi
1. Benda yang dapat berubah bentuknya
2. Alat pemotong
1. Benda yang dapat berubah bentuknya
2. Alat pemotong
F. Metode dan Model Pembelajaran
Model Pembelajaran : -
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Pendahuluan a. Guru mengucapkan salam. b. Siswa memimpin doa. c. Guru melakukan presensi. d. Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi pada pertemuan sebelumnya, yaitu: 1) Apa saja bentuk-bentuk benda? 2) Apa bentuk benda ini? e. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. f. Siswa menyanyikan lagu “Lingkaran kecil lingkaran besar” | 10 menit |
2 | Kegiatan Inti Eksplorasi 1) Siswa diperlihatkan kertas yang bisa di bentuk menjadi pesawat 2) Memberikan konsep tentang perubahan bentuk benda 3) Siswa bertanya jika belum paham Elaborasi 1) Siswa diperlihatkan malam 2) Siswa dicontohkan perubahan bentuk malam menjadi boneka, ikan dan lain-lain 3) Siswa diperlihatkan media tentang perubahan bentuk benda 4) Siswa diinformasikan akan bermain tempel gambar 5) Siswa diberikan gambar perubahan bentuk benda 6) Memberikan kesempatan siswa untuk memahami gambar yang diterima 7) Memberikan tanda agar semua siswa mencocokkan gambarnya di depan kelas 8) Membimbing siswa untuk mencocokkan gambarnya 9) Siswa menjelaskan hasil kerjanya 10) Siswa lain menanggapinya 11) Siswa bertepuk pintar 12) Mengulangi kegiatan tersebut sampai semua siswa presentasi 13) Mengaitkan perubahan bentuk benda dengan alat yang sesuai 14) Siswa bermain spidol bernyanyi 15) Siswa yang mendapat spidol ketika nyanyian selesai, menjawab pertanyaan tentang kegiatan yang dilakukan sebelumnya 16) Siswa diberikan malam untuk diubah bentuknya sesuai keinginannya 17) Membimbing siswa dalam merubah bentuk malam 18) Siswa mengumpulkan malamnya didepan kelas Konfirmasi 1) Bersama siswa, memilih hasil malam yang terbaik | 50 menit |
3 | Kegiatan Penutup 1) Siswa dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan 2) Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran. 3) Siswa mengerjakan evaluasi. 4) Guru menginformasikan pembelajaran selanjutnya 5) Menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama. | 10 menit |
H. Media dan Sumber Bahan
1. Media
a. Kertas
b. Malam
c. Gambar perubahan bentuk
2. Sumber Bahan
a. Arifin, Mulyati dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam dan lingkunganku untuk Kelas I SD.
Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
I. Penilaian
1. Sikap : Percaya diri dan Toleransi
2. Pengetahuan : Pilihan ganda
3. Keterampilan : Merubah bentuk malam
J. Instrumen Penilaian
1. Sikap : Lembar penilaian sikap percaya diri dan toleransi
2. Pengetahuan : Lembar tes Pilihan ganda
3. Keterampilan : Lembar penilaian keterampilan merubah bentuk malam
Kudus, 12 Oktober 2016
Guru Kelas I Praktikkan
Tukiyatun, S.Pd M. Khoirul Anam
NIP. NIM 201333266
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Misbachum Anir,S.Pd
NIP. 19630301 198508 1 001
0 Komentar