(RPP)
Nama Sekolah : SD 03 Megawon
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/I
Pembelajaran ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
Menulis
4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
B. Kompetensi Dasar
4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
C. Indikator
1.2.1 Mampu menyalin puisi anak dengan huruf lepas
1.2.2 Mampu mengenali huruf lepas
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui media papan pintar, siswa mampu menyalin puisi anak dengan huruf lepas.
2. Melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab, siswa mampu mengenali huruf lepas.
Karakter siswa yang diharapkan : Kerjasama, Komunikatif, Percaya diri, Rasa ingin tahu, Religius, Tanggungjawab, Teliti dan Toleransi.
E. Materi
1. Mengenal Huruf Abjad
2. Menyalin Puisi Anak dengan huruf lepas
F. Metode dan Model Pembelajaran
Model Pembelajaran : -
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya jawab dan Penugasan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Kegiatan Pendahuluan a. Guru mengucapkan salam. b. Siswa memimpin doa. c. Guru melakukan presensi. d. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya kepada siswa, yaitu: 1) Siswa mengamati guru pada saat membaca puisi. 2) Siswa menjawab pertanyaan dari guru berupa: - Kalian tahu puisi itu apa? - Apa yang bapak lakukan? e. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. f. Siswa menyanyikan lagu “Abcd” | 10 menit |
2 | Kegiatan Inti Eksplorasi 1) Siswa menjawab soal lisan dari guru mengenai huruf abjad. 2) Guru memberikan kertas huruf. 3) Siswa menebali huruf yang terdapat pada kertas. 4) Guru membimbing siswa dalam menebali huruf. 5) Siswa menulis kembali huruf abjad tanpa menggunakan huruf sambung dibukunya masing masing. Elaborasi 1) Guru memberikan arahan kepada siswa, bagaimana cara membaca puisi. 2) Guru membacakan puisi. 3) Siswa menirukan puisi yang dibicarakan oleh guru. 4) Guru memberikan selembar kertas puisi. 5) Siswa menyalin puisi tersebut. 6) Siswa menjodohkan gambar dengan nama hewan yang sesuai dikertas asturo yang sudah tersedia. Konfirmasi 1) Guru meluruskan hasil kegiatan belajar siswa. 2) Siswa mengingat kembali tentang kegiatan yang telah dilakukan. | 50 menit |
3 | Kegiatan Penutup 1) Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran. 2) Siswa mengerjakan evaluasi. 3) Siswa dan guru menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama. | 10 menit |
H. Media dan Sumber Bahan
1. Media
a. Kertas puisi
2 .Sumber Bahan
a. Indriyani, dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk Kelas I SD. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
b. Jaruki, Muhammad. 2008. Bahasa Kita: Bahasa Indonesia untuk Kelas I SD. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
I. Penilaian
1. Jenis Penilaian : Unjuk kerja
Bentuk tes : Menyalin kembali puisi anak (Evaluasi)
2. Alat Penilaian : Tes Subjektif
Kudus, 3 Oktober 2016
Guru Kelas I Praktikkan
Tukiyatun, S.Pd M. Khoirul Anam
NIP. NIM 201333266
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Misbachum Anir,S.Pd
NIP. 19630301 198508 1 001
0 Komentar