Masalah Sosial di Indonesia "Korupsi"


“KORUPSI”


Sering kita mendengar kata yang satu ini yaitu korupsi, korupsi ada di sekeliling kita, mungkin terkadang kita tidak menyadari itu. Korupsi bisa terjadi di rumah, sekolah, masyarakat, maupun di instansi tertinggi dalam pemerintahan. Mereka yang melakukan korupsi terkadang menganggap remeh hal yang dilakukan itu. Hal ini sangat mengkhawatirkan, sebab bagaimanapun, apabila suatu organisasi dibangun dari korupsi maka akan dapat merusaknya.
Salah satu penyebab terjadinya korupsi adalah rapuhnya moral dan rendahnya tingkat kejujuran dari aparat penyelenggara negara. Korupsi di Indonesia dewasa ini sudah mengancam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Korupsi telah mengakibatkan kerugian materil keuangan negara yang sangat besar. Namun yang lebih memprihatinkan lagi adalah terjadinya perampasan dan pengurasan keuangan negara yang dilakukan secara kolektif oleh kalangan anggota legislatif dengan dalih studi banding, THR, uang pesangon dan lain sebagainya di luar batas kewajaran. Hal itu merupakan cerminan rendahnya moralitas dan rasa malu, sehingga yang menonjol adalah sikap kerakusan. Selain itu, korupsi dapat membawa dampak negatif yang cukup luas dan dapat membawa negara ke jurang kehancuran.

A. PROGRAM UNTUK MENANGGULANGINYA
Dengan banyaknya korupsi yang terjadi di negara ini, maka akan di adakan program-program untuk menanggulanginya salah satunya adalah dengan membuat program gerakan masyarakat anti korupsi. Program ini bertujuan untuk memberantas korupsi yang terjadi di Indonesia sekarang ini.

B. ALASAN MEMBUAT PROGRAM TERSEBUT
        Alasan membuat program gerakan masyarakat anti korupsi adalah karena untuk mencegah terjadinya korupsi yang sedang marak terjadi di Indonesia saat ini. Dengan adanya program tersebut maka diharapkan korupsi di Indonesia dapat berkurang sedikit demi sedikit dengan bantuan dari ormas-ormas lain. Selama ini pemberantasan korupsi di Indonesia hanya dijadikan sebagai bahan kampanye untuk mencari dukungan saja tanpa adanya tindakan yang nyata dari partai politik yang bersangkutan. Gerakan masyarakat anti korupsi ini diperlukan untuk menekan pemerintah dan sekaligus memberikan dukungan moral agar pemerintah bangkit memberantas korupsi.

C. LANGKAH-LANGKAH PROGRAM TERSEBUT
            Langkah-langkah program gerakan masyarakat anti korupsi adalah :
           1.    Membiasakan diri untuk bersikap jujur.
           2.    Menanamkan nilai-nilai pendidikan anti korupsi sejak dini.
           3.    Mengajarkan nilai-nilai moral di sekolah maupun perguruan tinggi.
           4.    Menyadari bahwa pemberantasan korupsi bukan hanya tanggung jawab lembaga penegak
                 hukum seperti KPK  melainkan menjadi tanggung jawab kita semua.
           5.     Memberikan hukuman mati bagi para koruptor, ini diharapkan memberikan efek jera terhadap
                 para koruptor.

D. SASARAN PROGRAM DAN YANG TERLIBAT
      Sasaran dari program ini adalah para pejabat-pejabat tinggi negara yang sewenang wenang  melakukan kekuasaannya sehingga dapat menimbulkan korupsi. Dengan program ini pejabat-pejabat tinggi negara diharapkan dapat mengikuti peraturan dan ketentuan yang dibuat oleh pemerintah dalam memberantas korupsi di negeri ini.
     Pihak yang terlibat dalam program ini adalah pemerintah sebagai penanggung jawab atas permasalahan korupsi yang terjadi di negeri ini. Dan dukungan dari masyarakat yang turut serta membantu memberantas korupsi di Indonesia, sehingga korupsi di Indonesia dapat dicegah dan perlu adanya tindakan-tindakan yang nyata dari pemerintah itu sendiri dalam upaya pemberantasan korupsi.

E. KAPAN PROGRAM DILAKSANAKAN
        Program ini dilaksanakan mulai sejak dini sampai seterusnya, hal itu dikarenakan dengan belajar pendidikan anti korupsi sejak dini maka masyarakat itu menjadi tahu pentingnya pendidikan anti korupsi untuk kedepannya. Oleh sebab itulah  memang sudah sewajarnya pencegahan korupsi menjadi nilai-nilai yang harus dilaksanakan oleh semua komponen yang terlibat. Hal tersebut bukan suatu yang mudah diwujudkan, sehinnga perlu dibudayakan prakteknya oleh berbagai pihak sedini mungkin.

F. DIMANA PROGRAM DILAKSANAKAN
       Program ini dilaksanakan di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi yang menjadi pusat utama dalam pemberantasan korupsi. Untuk menciptakan sebuah tatanan kehidupan yang bersih, diperlukan sebuah sisitem pendidikan anti korupsi. Pendidikan ini harus ditanamkan secara terpadu mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Karena melalui pendidikan ini, diharapkan semangat anti korupsi akan mengalir di dalam darah setiap generasi dan tercermin dalam perbuatan sehari-hari. Sehingga tidak terjadi korupsi dimasa mendatang.
Previous
Next Post »
0 Komentar